Sistem Layanan Digital LAMIN_DATA

Minggu, 02 November 2025

Tim Kinerja dan Reformasi Birokrasi
Bagian Organisasi
Sistem Layanan Digital LAMIN_DATA
Di era digitalisasi pemerintahan, kecepatan dan ketepatan menjadi kunci keberhasilan pelayanan publik. Menyadari pentingnya hal tersebut, serta guna mendukung kelancaran tugas dan peningkatan kualitas pelayanan kepada Perangkat daerah. Bagian Organisasi Sekretariat Kabupaten Kutai Barat Memperkenalkan Sistem Layanan Digital LAMIN_DATA — sebuah sistem layanan permintaan data berbasis digital yang sederhana, cepat, dan transparan.

LAMIN_DATA dirancang untuk memudahkan proses permintaan data pada Bagian Organisasi secara daring bagi Perangkat Daerah yang selama ini dilakukan secara manual. Melalui integrasi Google Form, Spreadsheet, dan notifikasi WhatsApp, setiap permintaan data dapat diterima, diverifikasi, dan diproses secara otomatis serta terdokumentasi dengan baik.

Inovasi ini berawal dari upaya aktualisasi nilai-nilai ASN BerAKHLAK. Sistem ini tidak hanya mempercepat pelayanan, tetapi juga meningkatkan akurasi dan akuntabilitas kinerja organisasi.
Hasilnya, proses permintaan data kini menjadi lebih efisien, mudah, murah, cepat dan Responsif terhadap kebutuhan Data Perangkat Daerah pada Bagian Organisasi. LAMIN_DATA membuktikan bahwa inovasi sederhana dapat memberikan dampak bagi peningkatan kualitas layanan publik di tingkat daerah.

Akses LAMIN_DATA di: lamindata.netlify.app

“JarakJauh Hati Merindu, Handphone dan Kuota jadi Penghubungnya. LAMIN_DATA Hadir Bukan Pelepas Rindu Tapi Jembatan Layanan Data Bagi Penggunanya”
Penulis : Michael E.en, S.IP